cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Geography
ISSN : 22526684     EISSN : 25490346     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary geography, AP Human Geography, introductory college geography, and preservice methods courses. The journal invites scholarly work in the areas of how students learn and instructors teach by preserving and disseminating research. It is also a forum for discussion of state, national, and international trends in geography education. The journal seeks original manuscripts that contribute to the understanding of issues and topics associated with geography education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)" : 10 Documents clear
Media Pembelajaran Geografi Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis 3D Pada Kelas 10 pada mata pelajaran Geografi dengan capaian Akademik Siswa materi Atmosfer di SMAN 1 CIGUGUR. Dandi Budiman
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.69310

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam upaya untuk mencapai tujuan ini, media pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperbaiki capaian akademik siswa Dalam mata pelajaran geografi, salah satu materi yang kompleks adalah atmosfer. Untuk memahami materi ini, siswa harus memahami banyak konsep dan fenomena yang kompleks, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang efektif Penggunaan media pembelajaran berbasis 3D telah diidentifikasi sebagai salah satu solusi yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam mempelajari materi yang kompleks seperti atmosfer. Namun, meskipun banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menguji efektivitas media pembelajaran berbasis 3D, masih ada kekurangan dalam penelitian tentang penggunaan media ini pada kelas 10 di SMAN 1 CIGUGUR. Dalam penelitian untuk menguji efektivitas media pembelajaran berbasis 3D pada kelas 10 pada mata pelajaran geografi dengan capaian akademik siswa pada materi atmosfer di SMAN 1 CIGUGUR. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan solusi yang efektif bagi guru dan siswa dalam menghadapi materi yang kompleks seperti atmosfer.
Efektivitas penggunaan physic educatio technology (PhET) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi lempeng tektonik Nona Chalista Aurora; Muh Sholeh
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.69435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektivitas penggunaan Physic Education Technology (PhET) simulation terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi lempeng tektonik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x semester 2 SMA N 3 Klaten tahun pelajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan cara random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. hasil analisis mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3,56.efektivitas PhET pretest postest menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,5782 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain dalam persen(%) sebesar 57,82% termasuk dalam kategori cukup efektiv, ketuntasan klasikal siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan PhET mendapatkan rata-rata 75%, dan respon siswa sebesar 82,187%. serta nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa meningkat dilihat dari nilai pretest posttest.Oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwa penggunaan Physic Education Technology (PhET) efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE EARTH BERINTEGRASI DATA USGS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 49 JAKARTA. Farah Fauzziyyah Isnaeni; Ilham Badaruddin Mataburu; Lia Kusumawati
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.69601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Google Earth yang berintegrasi data USGS terhadap minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 49 Jakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X.5 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan aplikasi Google Earth dalam proses pembelajaran dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan powerpoint dalam proses pembelajaran. Instrument penelitian ini antara lain: instrument minat belajar siswa (Pre-Test & Post-Test) dan lembar observasi minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni uji intrumen, uji sebagai prasyarat analisis data, dan uji analisis data. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, perolehan rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 81% berkategori Sangat Baik Sekali dan kelas kontrol sebesar 75% berkategori Sangat Baik. Penggunaan media Google Earth yang berintegrasi dengan data USGS memberikan pengaruh seperti siswa menjadi lebih senang, bersemangat, berantusias dan aktif selama diskusi berlangsung. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh bahwa taraf signifikansi (Sig.) sebesar (0,006 < 0,05), maka H0 ditolak dan HA diterima. Sehingga terdapat pengaruh positif minat belajar siswa di kelas X SMAN 49 Jakarta setelah menggunakan aplikasi Google Earth yang terintegrasi data USGS dalam pembelajaran geografi.
EDUKASI BENCANA LONGSOR PADA MASYARAKAT KALANGAN USIA SD MELALUI MEDIA LEAFLET DI DELIKSARI KOTA SEMARANG Alifa Ambar Sari; Satya Budi Nugraha
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.69679

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat usia SD di Deliksari terhadap bencana longsor, menganalisis efektivitas edukasi bencana longsor untuk masyarakat usia SD melalui media leaflet, mengetahui sikap masyarakat usia SD di Deliksari setelah mendapat edukasi bencana longsor melalui media leaflet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua masyarakat usia SD di Deliksari.Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 masyarakat usia SD di Deliksari kelas 4 sampai kelas 6. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif persentase dan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat usia SD di Deliksari terhadap bencana longsor mengalami peningkatan dengan skor pre test 74,7 dengan kriteria baik dan skor post test 89,1 dengan kriteria sangat baik. Hasil uji efektivitas media leaflet menunjukkan hasil 98% dengan kriteria sangat efektif. Tingkat sikap masyarakat usia SD setelah diberikan edukasi bencana media leaflet sebesar 74% dengan kategori responsif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat usia SD di Deliksari setelah diberikan edukasi bencana longsor menggunakan media leaflet.
Tingkat Pengetahuan mengenai Isu Kependudukan Berdasarkan Tempat Tinggal pada Siswa SMA di Kota Semarang Jihan Arkani Fauziyah; Puji Hardati; Saptono Putro; Rahma Hayati
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.71191

Abstract

Isu kependudukan menjadi sesuatu hal yang esensial bagi ahli kependudukan dan pemerintah di Indonesia karena jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat dan tidak diiringi dengan sumber daya manusia yang baik menyebabkan timbulnya permasalahan kependudukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan isu kependudukan pada siswa SMA Negeri 6 Semarang berdasarkan tempat tinggal siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 100 siswa SMA Negeri 6 Semarang dengan teknik pengambilan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini yaitu pengetahuan siswa pinggiran kota mengenai isu kependudukan yaitu 73 yang termasuk pada kategori tuntas, sedangkan pada siswa pusat kota memilki nilai pengetahuan mengenai isu kependudukan adalah 75 yang termasuk pada kategori tuntas. Siswa pinggiran kota dan siswa pusat kota memiliki pengetahuan mengenai isu kependudukan pada kategori tuntas artinya siswa memiliki pengetahuan yang baik mengenai permasalahan kependudukan yang ada di sekitar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI GEOGRAFI POKOK BAHASAN SEBARAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DI SMA NEGERI 2 LIMBOTO (KELAS XI IPS) Daud Dos Yusuf; Fitriyane Lihawa; Rifkiansyah Rifkiansyah
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.72120

Abstract

This research aims to develop Android-based learning media that can be used in learning geography at SMA Negeri 2 Limboto. The focus of this learning media is on the material of the distribution and management of Indonesia's natural resources. The development method used is the multimedia development model. This research involved students of class XI IPS as research subjects. The data collected includes data on student needs, analysis of learning materials, and evaluation of learning media that has been developed. The results showed that this Android-based learning media can increase students' interest and understanding of geography material. In addition, this learning media is also considered effective and easy to use by students. In developing this learning media, there are several components that must be considered, such as attractive interface design, relevant and interesting content, and interactive features that can increase student involvement in learning. In addition, this learning media can also be accessed offline, so students can access it anytime and anywhere. It is expected that the development of Android-based learning media can be an effective alternative in learning geography at SMA Negeri 2 Limboto.
HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN JATILUHUR, KECAMATAN JATIASIH, KOTA BEKASI Bunga Fakhira Supriatna Putri
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.72141

Abstract

Bunga Fakhira Supriatna Putri. 4315161263. Hubungan Antara Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Di Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dengan tingkat pengetahuan pengelolaan sampah pada masyarakat di Keluharan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023-Juli 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kelurahan Jatiluhur yaitu sebanyak 32.788 jiwa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Propotional Random Sampling yaitu sebanyak 100 sampel. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis statistik deskriptif dengan teknik analisis Crosstab dan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat berpendidikan terakhir pada jenjang SMA/Sederajat dengan persentase 47%. Tingkat pengetahuan masyarakat Kelurahan Jatiluhur berada pada tingkat sedang dengan persentase 74% berada pada kriteria 56%-75%. Pengetahuan C1 dan C2 berada pada kategori tinggi namun pengetahuan C3 berada pada kategori sedang dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak menyediakan wadah terpisah untuk sampah organik dan non-organik dan juga banyak yang masih membakar sampah. Selanjutnya berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang telah disusun oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel (X) tingkat pendidikan dengan variabel (Y) pengetahuan pengelolaan sampah yang dapat diketahui dari hasil uji Chi-square dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,022 < 0,05 sehingga terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan pengetahuan pengelolaan sampah pada masyarakat Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Pengelolaan Sampah
PERAN SERTA IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI LINGKUNGAN RW 2 KELURAHAN TAMBAKHARJO KOTA SEMARANG Dika Ayu Safitri; Hariyanto Hariyanto
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.72464

Abstract

Permasalahan sampah seolah menjadi persoalan yang tidak kunjung selesai. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pengelolaan sampah dan tidak adanya pengelolaan sampah yang tidak seimbang dengan pertambahan jumlah penduduk, serta lemahnya peraturan yang mengatur tentang permasalahan sampah menjadi faktor utama penyebab produksi sampah semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepedulian lingkungan ibu rumah tangga, mendeskripsikan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah, mengetahui hubungan antara kepedulian lingkungan dengan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah serta mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Secara spesifik, penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 223 ibu rumah tangga di Rw 2 Kelurahan Tambakharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportional Random Sampling, sampel sebanyak 33 ibu rumah tangga di Kelurahan tambakharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara, tes. Hasil pembahasan tersebut yaitu dalam penelitian ini persentase tingkat kepedulian lingkungan ibu rumah tangga terbanyak adalah 60,6% dengan tingkatan sedang, Hubungan Antara Kepedulian Lingkungan Dengan Peran Serta Ibu Rumah Tangga di Lingkungan Rw 2 Kelurahan Tambakharjo diperoleh nilai korelasi sebesar 0,315 menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang cukup kuat antara kepedulian lingkungan dengan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah di lingkungan Rw 2. Adapun faktor pendorong peran serta ibu rumah tangga adalah keuntungan yang diberikan dari pengelolaan sampah.Faktor yang menghambat peran serta ibu rumah tangga adalah faktor cuaca dan pengetahuan ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepedulian ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah tergolong dalam kategori rendah, peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah di lingkungan Rw 2 tergolong dalam kategori rendah, tidak adanya hubungan antara kepedulian lingkungan dengan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah, dan terdapat faktor pendukung peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah yaitu adanya keuntungan yang diberikan dari pengelolaan sampah baik secara mandiri maupun kelompok. Sedangkan faktor penghambat peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah adalah faktor cuaca dan pengetahuan ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah.
ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP PETANI DALAM BERTANI JAGUNG DI BAWAH TEGAKAN TERHADAP KELESTARIAN HUTAN KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN Atik Ulfa Rofiah; Eva Banowati
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.73079

Abstract

The purpose of this research are to analyze the knowledge and the attitude of forest farmers in farming corn under canopy cover Geyer district Grobogan regency. The population studied is farmers pesanggem in Jambangan village. Sample collection using purposive sampling with 97 respondents. Data collection was carried out by observation, documentation, questionnaires and interviews. The data analysis techniques using descriptive percentages and multiple linier regression. The result showed that farmers knowledge had an average of 74,40% with good criteria, while farmers attitude had an average of 64,51% with good criteria. After conducting multiple linear regression test simultaneously, there is an influence of knowledge and attitude of farmers in corn farming under forest canopy by 3%, meaning that the contribution of knowledge and attitude of farmers in this study does not have plenty effect on farming under forest because the rest is influence by other variables outside the arranged model. Farmers need to raise the participation in activities or counseling which held by Perhutani to increase knowledge so that it could give good impact for them.
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH Tari Nur Fauzi; Rahma Hayati
Edu Geography Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edugeo.v11i2.73547

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi, mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposiv sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, angket, dan tes. Data kemudian dianalisis menggunakan deskriptif presentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar geografi memperoleh presentase 82% dan berdasarkan hasil observasi pada guru diperoleh presentase 94%. Hasil analisis regresi linear sederhana mengenai pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi terhadap hasil belajar memperoleh persamaan Y = 31,378 + 1,532X dan besarnya pengaruh mencapai 85,1%. Sedangkan untuk presentase hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 83.00 dan kelas kontrol sebesar 69.90, sehingga memiliki perbedaan signifikan. The purpose of this research is to determine the implementation of the use of the environment as a source of learning geography, to determine the effect of using the environment as a source of learning geography on learning outcomes. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental design. The research sample was taken by purposive sampling technique. Collecting research data using observation, questionnaires, and tests. The data were then analyzed using descriptive percentages and simple linear regression. The results showed that the implementation as a source of learning by utilizing the environment as a source of learning geography obtained a percentage of 82% and based on the results of observations on the teacher obtained an orientation of 94%. The result of a simple linear regression analysis regarding the effect of using the environment as a source of learnng geography on learning outcomes obtained the equation Y=31.378+1.532X and the magnitude of the effect reaxhed 85,1%. As for the percentage of learning outcomes in the experimental class of 83.00 and the control class of 69.90, so there is a significant difference.

Page 1 of 1 | Total Record : 10